Obyek Wisata Bandung

Kebun Binatang



Obyek Wisata Bandung
Dulu kebun binatang Bandung dikenal dengan nama "Derenten". Selain kita bisa melihat bermacam satwa, kita juga bisa menikmati tiga obyek wisata lainnya yaitu: 
 1. Flying Fox
  1.  2. Taman Bermain
 3. Kolam Perahu Dan Perahu Bebek


Lokasi 

Kebun binatang Terletak di Jalan Taman Sari, di depan Kampus ITB Bandung. Bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung bisa meliwati rute sebagai berikut:

Dari Jakarta

  1. Lewat Pintu Tol Pasteur : Anda bisa masuk ke kota Bandung melalui pintu Tol Pasteur,  terus lurus sekitar 2,5 km menuju pintu keluar Jalan layang Pasopati di Jalan Tamansari. Anda tinggal belok kiri memasuki Jalan Tamansari. Kebun binatang terletak kurang lebing 200 meter dari pintu keluar Jalan Pasopati ini. 
  2. Lewat Pintu Tol Buahbatu : Anda bisa  masuk ke Kota Bandung melalui pintu Tol Buahbatu. Dari pintu Keluar Tol Buahbatu, Anda belok kiri untuk masuk ke terusan Buahbatu. Terus lurus mengikuti Jalan Buahbatu sampai perempatan Jalan Lingkar Selatan Buahbatu. Selanjutnya, Anda belok kanan memasuki Jalan Lingkar Selatan. Terus lurus hingga melewati jalan Jalan Laswi, Jalan RE Martadinata (Jalan Riau), terus lurus mengikuti Jalan Riau sampai menemukan perempatan Jalan Riau-Jalan Merdeka. Selanjutnya Anda belok kanan memasuki Jalan Dago (Ir. H Juanda). Kemudian, kurang lebih 200 meter, belok kiri ke Jalan Sulanjana. Jalan Sulanjana ini berakhir di Jalan Tamansari. Hati-hati Jangan mengambil belokan ke kiri, ambil belokan yang ke kanan. Kebun binatang terletak kurang lebih 200 meter dari belokan ini. 

Obyek Wisata Bandung
Monyet    
 
Obyek Wisata Bandung
Buaya
 
Obyek Wisata Bandung
                      Burung
 
Obyek Wisata Bandung
Singa


Obyek Wisata Bandung
Gajah
 

Kembali ke Daftar Isi.

Dari Subang

Dari Subang Anda bisa  masuk ke kota bandung melalui Jalan Dr. Setiabudi. Untuk sampai di kebun binatang Bandung, dari jalan Dr. Setiabudi Anda belok  kiri Jl Cihampelas. Limapuluh meter kemudian, ambil belokan yang ke kanan untuk memasiki Jl Siliwangi. Kurang lebih 300 Meter kemudian, Anda akan menumukan belokan ke kanan. Jalan tersebut adalah Jl Tamansari, dimana kebun binatang itu berada. Akan tetapi, Anda tidak bisa masuk ke Jalan ini langsung karna Jalan ini di ferboden. Oleh karena itu, Anda harus mengambil belokan kanan berikutnya yang jarak nya kurang lebih lima puluh meter. Jalan ini akan membawa Anda ke Jalan Tamansari. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti Jalan Tamansari ini kurang lebih 200 meter. Kebun binatang ini terletak di sebelah kanan bersebrangan Dengan kampus ITB. 

Kembali ke Daftar Isi.

Dari Sumedang 

Dari Sumedang Anda bisa masuk ke Kota Bandung melalui Jalan Cinunuk. untuk sampai di kebun binatang Bandung dari Jalan Cinunuk. di bundaran Cibiru/Cinunuk sebaiknya Anda mengambil Jalan yang kekiri, yakni Jalan Soekarno-Hatta. sebenar nya Anda bisa juga mengambil jalan yang ke kanan  menuju Ujung Berung. Akan tetapi jalan ini terlalu padat dan sering macet. selanjutnya kita lanjutkan perjalan soekarno-hatta. kurang lebih 9 kilometer Anda akan menemukan perempatan Jalan Soekarno-hatta- BuahBatu. Belok kanan untuk memasuki Jalan Buahbatu. Terus lurus mengikuti Jalan Buahbatu sampai perempatan jalan lingkar selatan Buah Batu. selanjutnya,anda belok kanan memasuki Jalan Lingkar selatan. Terus lurus hingga melewati jalan Jalan Laswi, Jalan RE Martadinata (Jalan Riau), terus lurus mengikuti jalan Riau sampai menemukan perempatan Jalan Riau-Jalan Merdeka. Selanjutnya Anda belok kanan memasuki Jalan Dago (IrH Juanda). kemudian, kurang lebih 200 meter, belok kiri ke Jalan SulanJana. Jalan SulanJana ini berahir di Jalan Taman Sari. Hati-hati Jangan mengambil belokan ke kiri, ambil belokan yang ke kanan. Kebun binatang terletak kuranglebih 200 meter dari belokan ini. 

Kembali ke Daftar Isi.

Dari Garut

Dari Garut Anda bisa masuk ke kota Bandung melalui  Jalan Cinunuk. Untuk selanjutnya Anda bisa mengikuti Jalur dari Sumedang. Anda juga bisa masuk ke Jalan Tol Padaleunyi dan keluar di pintu Tol Buahbatu. Selanjutnya  dari pintu Keluar Tol Buah Batu, anda belok kiri untuk masuk ke terusan Buah Batu. Terus lurus mengikuti Jalan Buahbatu sampai perempatan jalan lingkar selatan Buah Batu. Selanjutnya, Anda belok kanan memasuki jalan lingkar selatan. Terus lurus hingga melewati jalan Jalan laswi, Jalan RE martadinata (Jalan Riau),terus lurus mengikuti Jalan Riau sampai menemukan perempatan Jalan Riau- Jalan Merdeka. Selanjutnya Anda belok kanan memasuki Jalan Dago (Ir. H Juanda). Kemudian, kurang lebih 200 meter, belok kiri ke Jalan SulanJana. Jalan Sulanjana ini berahir di Jalan Tamansari. Hati-hati Jangan mengambil belokan ke kiri, ambil belokan yang ke kanan. Kebun binatang terletak kurang lebih 200 meter dari belokan ini.

Kembali ke Daftar Isi.   

Mesjid Agung Bandung

 
Mesjid Agung dan Alun-alun Bandung


Mesjid Agung Bandung yang terletak di depan alun-alun Bandung di Jalan Asia Afrika kini namanya berubah menjadi Mesjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Mesjid ini resmi statusnya sekarang menjadi mesjid Provinsi Jawa Barat. Di sekitar Mesjid ini terdapat pusat perbelanjaan dan mall-mall  yang sangat ramai. Disamping itu, Anda juga bisa membeli jajanan khas Kota Bandung baik di sebelah kanan mesjid ( Jalan Dalem Kaum) mau pun di dalam taman alun-alun dengan harga murah. Jika Anda membutuhkan informasi tentang pariwisata di Kota Bandung, Anda bisa mengunjungi Tourist Information Center yang terletak di sebelah kiri Mesjid. Tourist Information Center ini terletak di bagian Jalan Asia Afrika, di sekitar pertigaan Jalan Banceuy.

Kembali ke Daftar Isi.

Gedung Sate

 
Obyek Wisata Bandung

Gedung Sate saat ini telah menjadi salah satu ikon Kota Bandung. Baik masyarakat seni mau pun turis sering mengambil gambar gedung ini untuk membuktikan kunjungannya ke kota Bandung. Gedung Sate ini terdiri dari 2 lantai. Sejak tahun 1980 Gedung ini dijadikan Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Oleh karena itu, gedung sate kini memiliki panggilan lain yaitu Gedung Gubernuran.

Diarsiteki dan dibangun oleh Ir. J. Gerber pada tahun 1920, Gedung yang dihiasi dua aula ini ( Aula Barat dan Aula Timur) ini berhasil memunculkan  kombinasi Gaya Eropa dan Indonesia sehingga tidak mengherankan jika Gedung ini benar-benar sangat dikagumi oleh turis domestik mau pun turis manca nagara, terutama yang mempunyai ketertakaitan sejarah seperti turis Belanda.

Menghadap ke sebelah utara, ke arah Jalan Diponegoro dan lapang Gasibu, dan Gunung Tangkuban Perahu, Gedung ini tidak saja indah untuk dinikmati tapi juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan dan hijaunya daerah Bandung Utara. Selain itu, dikelilingi dengan pohon-pohon yang besar dan taman-taman yang rindang dengan pepohonan yang besar, daerah Gedung Sate ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bandung untuk bersantai dan berolah raga. Beberapa puluh tahun yang lalu Lapangan Gasibu yang terletak di depan Gedung Sate sering digunakan untuk berolah raga pada hari Minggu pagi. Tapi akhir-akhir ini, karena semakin banyaknya masyarakat yang mengunjungi lapangan ini untuk berolah raga, lapangan ini akhirnya dipadati oleh para pedagang mingguan untuk menjual jajanan lokal mau pun pakaian murah.


Di sebelah timur Gedung Sate Anda juga bisa menikmati kerindangan Taman Lansia yang dilengkapi dengan beberapa tempat duduk dan pedagang makanan di sekeliling pagar taman ini.

Kembali ke Daftar Isi.

Gedung Merdeka

 
Obyek Wisata Bandung
Gedung Merdeka yang terletak di Jalan Asia Afrika, tepatnya dipertigaan Jalan Braga dengan Jalan Asia Afrika, merupakan gedung yang pernah berganti fungsi, diataranya sebagai gedung sosialisasi ( untuk dansa dan kuliner bagi bangsawan Belanda), Gedung Konstituante, Gedung MPRS dan yang paling terkenal adalah Gedung Konferensi Asia Afrika. Kini gedung ini berfungsi, selain sebagai museum konferensi Asia Afrika, untuk pertemuan bertaraf internasional.

Gedung yang pernah bernama Concordia ini, pertama dibangun pada tahun 1895 dan kemudian pada tahun 1926 direnovasi oleh dua guru besar Institut Teknologi Bandung kala itu. Gedung megah ini dekat sekali dengan hotel tertua di Kota Bandung yaitu Hotel Savoy Homan dan Hotel Preanger. Meskipun letaknya strategis, karena Jalan Asia Afrika ini disatu-jalurkan, maka Anda hanya bisa mencapainya dari sebelah timur ( Jalan Asia Afrika) atau dari sebelah utara (Jalan Braga).

Kembali ke Daftar Isi.



Museum Geologi

Obyek Wisata Bandung
Museum Geologi merupakan museum peninggalan nasional yang merumahi berbagai macam hasil penelitian tambang dan fosil-fosil yang dikumpulkan sejak zaman Belanda pada tahun 1850. Pembangunan gedung ini sendiri baru dimulai pada tahun 1928 dan diresmikan pada tahun 1929. Gedung ini pernah dikunjungi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960.

Gedung ini sempat berganti nama beberapa kali, pertama, pada zaman Belanda, bernama Geologisch Laboratorium. Kemudian, pada zaman Jepang bernama, Kogyo Zimusho, lalu diganti dengan nam Chishitsu Chosacho. Pada zaman kemerdekaan pun gedung ini sempat beberapa kali berganti nama hingga akhirnya menjadi Museum Geologi.

Pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri, tahun 1999 gedung ini direnovasi selama satu tahun dengan bantuan dana dari Jepang.

Gedung yang mamanjang kesamping ini terdiri dari 2 lantai. Masing-masing lantai mempunyai fungsi yang berbeda. Lantai pertama terbagi menjadi 3 bagian yakni :
  1. Ruang Orientasi ( Tengah )
  2. Ruang Sayap Barat
  3. Ruang Sayap Timur
Ruang Orientasi  berfungsi untuk layanan informasi, pendidikan dan informasi. Sedangkan Ruang Sayap Barat ( bagian kanan gedung ) berfungsi sebagai Ruang Geologi Indonesia, yakni berisi  informasi tentang keadaan geologi pulau-pulau di Indonesia, hipotesis terjadinya bumi, serta fosil-fosil dan sejarah perkembangan manusia menurut teori evolusi Darwin. Selanjutnya, Ruang Sayap Timur berisi sejarah perkembangan makhluk hidup. Anda juga bisa melihat perkembangan awal bumi yang terjadi 3 miliar tahun yang lalu serta fosil-fosil binatang menyusui yang terdapat di Pulau Jawa di ruangan ini.

Lantai kedua Museum Geologi ini juga terdiri dari 3 bagian yakni Ruang Barat, Ruang Tengah, dan Ruang Timur. Ruang Barat dipakai untuk staff. Sementara Ruang Tengah berisi maket pertambangan emas di pegunungan Papua. Selain itu, Anda juga bisa melihat contoh batu-batuan yang berasal dari Papua dan miniatur pengeboran minyak dan gas. Ruang Timur berbagai informasi tentang eksplorasi mineral.

Pada saat ini Museum Geologi banyak dikunjungi oleh wisata domestik, khususnya dari luar Kota Bandung selain sebagai wahana pendidikan juga berfungsi sebagai obyek wisata sejarah yang sangat populer.

Museum Sri Baduga

 
Obyek Wisata Bandung
 
Obyek Wisata Bandung
 
Obyek Wisata Bandung
 
Obyek Wisata Bandung

Museum Sri Baduga merupakan museum negeri Provinsi Jawa Barat yang menjadi rumah kebudayaan tatar Sunda dari mulai seni, sejarah, hingga hasil pertanian. Tidak kurang dari 5000 koleksi dapat Anda nikmati di museum seni yang baru diresmikan pada tahun 1980 ini. Nama Sri Baduga diambil dari nama Raja Pajajaran yang berkuasa antara abad ke-15 dan ke-16.

Terletak di Jalan BKR, didepan Lapangan Tegallega, museum ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengetahui kebudayaan suku Sunda. Pertama, museum ini terletak di depan Monumen Perjuangan Bandung Lautan Api, di sekitar Jalan Mochamad Toha. Mochamad Toha merupakan salah satu pahlawan nasional yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda.  

Museum Sri Baduga ini buka setiap hari Senin - Jumat mulai pukul 08.00-15.00. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 08.00 - 14.00 dengan harga tiket Rp 2.500. 

Kembali ke Daftar Isi.

Kampung Baso

Obyek Wisata BandungDi Jalan Dr. Setyabudhi Anda bisa menikmati berbagai variasi jajanan baso yang ada di Kampung Baso. Kompleks Baso yang berdiri pada tahun 2009 ini terletak kurang lebih 200 meter dari terminal Ledeng Bandung dan tidak jauh dari Rumah Sosis. Dengan suhu Bandung utara yang sangat sejuk, tempat ini memang sangat cocok untuk menikmati hidangan panas seperti baso. Apalagi dengan tempat yang didesain terbuka, kesejukan udara dan keindahan alam wilayah ini benar benar saling melengkapi dengan menu baso yang terdiri dari lebih dari 20 macam variasi baso, dari mulai baso urat, baso isi keju, dan baso isi seafood. 

Dengan harga mulai Rp 15.000-an, baso yang disediakan di sini memang pantas dinikmati oleh semua kalangan. Apalagi, dengan kuah yang kaldu dari ayam kampung, jelas tingkat lemaknya pun lebih rendah dari pada baso pada umumnya. Selain itu, bahan-bahan makanan disini bebas bahan pengawet sehingga Anda tidak perlu mencemaskan kesehatan Anda.

Kampung yang luasnya sekitar 2 hektar ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 21.00, kecuali pada akhir pekan biasanya buka mulai pukul 09.00. 

Kembali ke Daftar Isi.

Kampung Gajah

Obyek Wisata Bandung lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah  Kampung Gajah.  Anda bisa menikmati wisata kuliner, wisata anak Seperti mini ATV, Buggy Arena bermain anak, Kuda Tunggang, Sepeda Tandem,  Segway ecoride, bisa menyewa mobil Smart yang ramah lingkungan, Prosotan dan gua-gua buatan.

Tiket masuk ke Kampung Gajah hari biasa Rp 10.000 sedangkan hari libur Rp 20.000. Setiap  obyek di dalamnya tarifnya berbeda-beda, mulai harga Rp 15.000-100.000.

Kembali ke Daftar Isi.

Pusat Perbelanjaan Jeans Cihampelas

Dalam beberapa dekade terakhir Jalan Cihampelas telah menjadi pusat penjualan Jeans di Kota Bandung. Jalan yang panjangnya sekitar 3 km ini terbentang dari utara ( dibatasi Jalan Dr. Setiabudhi ) ke selatan dibatasi Jalan Cicendo. Tempat ini semakin populer setelah didirikannya Ciwalks ( Cihampelas Walks) sejenis Mall yang banyak sekali dikunjungi turis domestik khususnya dari Jakarta. Sebagian besar Jalan ini, yang merupakan toko-toko jeans,  disatujalurkan dari arah utara ke selatan.  Selain jeans, Anda juga bisa menikmati jajanan khas kota Bandung di sini.

Kembali ke Daftar Isi.

Rumah Mode

Salah satu factory outlet terbesar di kota Bandung adalah Rumah Mode. Terletak tidak jauh dari pertigaan Jalan Cipaganti dengan Jalan Dr. Setiabudhi, factory outlet yang memiliki tempat parkir yang sangat luas ini cocok menjadi tujuan pertama bagi Anda yang berasal dari Jakarta. Anda cukup keluar dari pintu tol Pasteur, lalu masuk ke Cipaganti. Ikuti Jalan Cipaganti sampai habis. Selanjutnya Anda akan masuk ke Jalan Dr. Setiabudhi, Rumah Mode ini berada di sebelah kiri jalan Anda. 

Jika Anda lapar sebelum berbelanja pakaian di Rumah Mode ini, Anda bisa menikmati aneka jajanan khas Bandung seperti Batagor dan lain-lain. Anda juga bisa menikmati berbagai bakery product di sini.

Mengenai pakaian yang tersedia di Rumah Model, kami mengamati banyak tersedia produk yang bermerk (branded-products). Sepengetahuan penulis, produk-produk yang kami beli di sini dibandingkan dengan produk-produk yang dijual di butik yang resmi kami tidak melihat perbedaan kwalitas yang signifikan baik model dan daya tahannya. Yang kami rasakan adalah perbedaan harga yang cukup tinggi. Di Rumah Mode  produk bermerk ini ( branded product ) harganya jauh lebih murah.

Kembali ke Daftar Isi.

Rumah Sosis

Obyek Wisata Bandung
Obyek wisata Bandung lainnya yang tidak kalah menariknya baik bagi wisatawan kuliner mau pun pecinta outbound adalah Rumah Sosis yang terletak tidak jauh dari Kampung Baso. Sesuai dengan namanya menu utama yang disajikan restoran ini adalah berbagai macam sosis, mulai sosis sapi sampai dengan ayam. Kekreatifan restoran ini benar-benar terlihat dengan tersedianya variasi menu sosis yang sangat menggoda. Anda bisa pilih Black Pepper, Beef Garlic, Chicken  Chipolata, Beef Bockwurst, Mini Bockwurst, Big Bockwurst, Cheesy Super dan Mini Cheesy. Selain sosis, Anda juga bisa menikmati beberapa minuman yang cocok dengan udara Bandung utara yang sejuk sehingga bisa menambah gairah Anda untuk melakukan hiburan lain yang tersedia di restoran yang beralamat di Jalan Dr. Setiabudhi ini.

Sesuai dengan slogan restoran dan taman bermain ini yaitu eat, swim, play, setelah menikmati aneka sosis dan minuman, Anda juga dimanjakan dengan fasilitas berenang yang disediakan untuk Anda sekeluarga. Atau Anda juga bisa memilih berbagai kegiatan outbond lain seperti : aneka bazzar games, ATV, becak mini, flying fox, fun climbing, lorong sesat, mini motor cross, perahu sosis, playland.

Tempat yang selalu penuh di hari libur ini, biasanya buka mulai 07.00 sampai dengan pukul 19.00. Restorannya sendiri biasanya buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00. Dengan biaya masuk yang tidak seberapa ( Rp 2.000 ) per orang, maka tidak mengherankan jika Anda akan dikenakan biaya untuk setiap kegiatan bermain yang tersedia di tempat yang tak jauh dari terminal Ledeng, Bandung ini.

Kembali ke Daftar Isi.

Saung Angklung Udjo

Obyek wisata yang terletak di bagian timur kota Bandung adalah Saung Angklung Udjo, tepatnya di Jalan Padasuka nomor 118. Saung angklung yang didirikan oleh Pak Udjo sekitar tahun 1960an ini memberikan layanan pertunjukkan angklung, juga souvenir angklung dari berbagai ukuran dengan harga mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Hampir setiap hari tempat ini dikunjungi ribuan pengunjung baik turis domestik mau pun mancanagara. Walaupun tidak didesain sebagai tempat wisata kuliner, Anda yang lapar bisa menikmati restoran kecil yang tersedia di kompleks Saung Angklung yang kini dikelola oleh anak-anak Pak Udjo Ngalagena ini.

Taman Lalulintas

Ada obyek wisata Kota Bandung yang unik yaitu Taman Lalulintas. Anda bisa mengajak anak Anda belajar mengenal rambu lalu lintas. Taman yang nama resminya Taman Lalulintas Ade Irma Suryani Nasution ini menyediakan kolam renang untuk anak-anak, kereta api anak-anak, trampolin, jungkitan, mainan seluncur, komidi putar, berbagai macam patung binatang.

Dengan harga masuk Rp 5.000 per orang sebagian besar mainan di atas sudah bisa Anda nikmati, kecuali kereta api, kolam renang, mandi bola, kereta motor dan trampolin Anda harus bayar lagi dengan harga Rp 4.000. Taman yang dikelilingi oleh 4 jalan ini, Jalan Belitung, Jalan Sumatera, Jalan Aceh dan Jalan Kalimantan, benar-benar terasa sejuk karena begitu banyak pohon baik di dalamnya mau pun di bagian luarnya.


Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Bandung di utara Jalan Dago ( Jalan Ir  H. Djuanda). Ditumbuhi lebih dari 2500 jenis tanaman, udara obyek wisata yang dikelola Departemen Kehutanan ini terasa sejuk. Selain itu pemandangannya benar-benar terlihat indah dihiasi jalur untuk jalan-jalan sejauh 6 kilometer menuju kampung Maribaya. Ada pun obyek wisata yang dapat Anda nikmati diantaranya:
  1. Air terjun Curug Dago
  2. Air terjun Curug Lalay
  3. Air terjun Curug Omas
  4. Artefak Kebudayaan Purba dari Kawasan Dago Pakar
  5. Gua Belanda
  6. Gua Jepang
  7. Kolam Pakar 
  8. Monumen Ir. H Djuanda
  9. Museum Ir. H Djuanda
  10. Prasasti Raja Thailand
  11. Taman Bermain
Di obyek wisata yang sudah berumur puluhan tahun ini Anda juga bisa menikmati kuliner khas Kota Bandung seperti lotek dan bandrek. Kawasan yang cocok untuk hiking ini dibuka mulai pukul 08.00 s.d. 18.00 dengan tiket masuk Rp 8.000. Untuk mencapai tempat ini sebaiknya Anda mengambil jalur Jalan Dago, jalur ini lebih mudah dibandingkan jalur dari Jalan Cikutra.

Trans Studio

Obyek Wisata Bandung
Jika Anda ingin menikmati rasanya menjadi bintang Hollywood, atau melakukan petualangan di sebuah kota asing, atau ingin merasakan keajaiban dunia sihir, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Hollywood atau pun ke negeri dongeng, Anda cukup datang di Trans Studio Bandung, salah satu indoor theme park terbesar di Indonesia, yang terletak di Jalan Gatot Soebroto no. 289.

Dengan tiket masuk Rp 150.000, Anda berhak menikmati ketiga tema yang tersedia di tempat wisata yang teletak berdekatan dengan Bandung Super Mall ini. Ketiga tema tersebut yakni Studio Central, Magic Counter dan Lost City.